Membaca Reseptif dan Reflektif

Dalam kehidupan sehari-hari dapat kita saksikan bahwa orang-orang yang telah dewasa kadang mengubah-ubah bacaan mereka untuk mendapat aneka ragam kebutuhan dan minat. 
Pada umumnya mereka mencari buku-buku dan majalah / surat kabar yang memberikan laporan, menafsirkan, mengilhami, atau memperkaya kehidupan, dan memberikan hiburan. 
Membaca mencari hiburan tetap harus mengingat  bahwa bacaan itu baik dan bermanfaat. Membaca mencari hiburan mempunyai beberapa tujuan: (1) demi kesenangan, (2) agar tetap mengetahui perkembangan di dunia, (3) menambah wawasan, (4) memperkaya pengalaman batin. 
Membaca reflektif adalah membaca untuk menangkap informasi dengan terinci dan kemudian melahirkannya kembali atau melaksanakan dengan tepat segala keterangan yang telah diperolehMembaca tidak hanya sekedar menangkap makna tersurat, makna antarbaris, tetapi juga mampu secara kreatif menerapkan hasil membacanya utntuk kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, membaca reflektif dimaksudkan untuk menemukan nilai-nilai (pesan moral).

Download materi ini silakan KLIK DI SINI
.

0 comments:

Posting Komentar