Belajar bahasa pada hakikatnya adalah belajar
berkomunikasi. Untuk itu, pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk
meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dengan bahasa Indonesia baik
secara lisan maupun tertulis. Ruang lingkup pembelajaran bahasa meliputi empat
aspek keterampilan berbahasa, yaitu: mendengarkan/menyimak dan membaca (disebut
keterampilan reseptif); berbicara dan menulis (disebut dengan keterampilan
aktif/produktif).
Keterampilan membaca adalah salah satu keterampilan
reseptif di samping keterampilan mendengarkan. Membaca merupakan keterampilan
berbahasa yang berhubungan dengan keterampilan berbahasa yang lain. Membaca
merupakan suatu proses aktif yang bertujuan dan memerlukan strategi. Hal ini
didukung oleh beberapa definisi berikut ini. Hodgson (dalam Tarigan, 1985:7)
mengemukakan bahwa membaca ialah suatu proses yang dilakukan serta digunakan
oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang disampaikan penulis melalui media
bahasa tulis.
unduh materi ini KLIK DI SINI
0 comments:
Posting Komentar